Silabus
Sekolah : SMP Muhammadiyah 1
Karanganyar
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi 1 : Mendengarkan
Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat
|
Rekaman berita
|
o Mendengarkan berita
o Menuliskan pokok-pokok
berita
o Memberikan tanggapan
terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyarikan pokok-pokok
berita menjadi isi berita
o Menyimpulkan isi berita
dalam satu alinea.
|
·
Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
·
Mampu menyarikan
pokok-pokok berita menjadi isi
berita
·
Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
·
Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam
rekaman berita berikut ini!
· Tunjukkan intisari
pokok-pokok beritanya!
·
Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke
dalam satu alinea!
|
TV/Radio
Tape Rec
Teks Berita
|
4 X 40’
|
·
Cermat
·
Ingin tahu
·
Kritis
·
kreatif
|
1.2 Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke
dalam beberapa kalimat
|
Teks berita
|
o Mendengarkan berita
yang dibacakan di radio/televisi
o Mendiskusikan
pokok-pokok berita
o Menuliskan berita ke
dalam beberapa kalimat
|
·
Mampu menemukan pokok-pokok berita yang disampaikan
melalui radio/televisi
·
Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam
beberapa kalimat
|
Tes tulis
|
Tugas rumah
|
· Dengarlah berita di ...
pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!
· Tuliskan isi berita
yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat kemudian laporkan hasilnya
secara lisan di kelas!
|
Siaran berita radio
|
4 X 40’
|
·
Kritis
·
Berfikir logis
·
Kerja sama
·
Kreatif
·
Santun
|
Standar Kompetensi 2 : Berbicara
Mengungkapkan pengalaman dan informasi
melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Teks cerita yang mengesankan
|
o Mendengarkan cerita
dari nara sumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar
seri
o Bertanya jawab
mengenai cerita yang mengesankan
o Menulis daftar
pengalaman yang mengesankan.
o Memilih pengalaman yang
paling mengesankan dari berbagai pengalaman yang telah didaftar.
o Menyusun pokok-pokok
cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan
pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
|
·
Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan
·
Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian
cerita pengalaman melalui tanya jawab
·
Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan kalimat efektif
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
·
Identifikasilah
pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pandang paling mengesankan!
·
Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian
cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif!
·
Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu
secara lisan!
|
4X40’
|
Pengalaman pribadi yang
mengesan-kan
Buku Teks
|
·
Berfikir logis
·
Cermat
·
Kreatif
·
Santun
·
Percaya diri
|
2.2 Menyam-paikan
pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
|
Teks pengumuman
|
o Membaca dan
mencermati teks pengumuman
o Menentukan topik sebuah
pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan
o Mendiskusikan
pokok-pokok pengumuman
o Merangkai pokok-pokok
pengumuman menjadi sebuah pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu menentukan
pokok-pokok pengumuman
·
Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah
pengumuman
·
Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
·
Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara:
tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah
pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan
sederhana!
|
4 x 40’
|
Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
|
· Cermat
· Keatif
· Santun
·
Bertanggung jawab
|
Standar Kompetensi 3 : Membaca
Memahami ragam teks nonsastra dengan
berbagai cara membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam
kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui
kegiatan membaca memindai
|
Makna kata
|
o Membaca teks nonsastra
o Bertanya jawab mengenai
isi bacaan
o Menandai kata-kata baru
dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk
menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu
siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk
menemukan makna kata (lema) secara
cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu
siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
|
·
Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
·
Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Siswa dapat menemukan
lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan):
ya/ tidak
· Siswa dapat menemukan
makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam
waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
|
4 X 40’
|
Kamus istilah Kamus Besar Bahasa
Indonesia
Buku Teks
Bacaan nonsastra
|
·
Cermat
·
Santun
·
Percaya diri
·
Kerja sama
·
kreatif
|
3.2 Menyimpulkan isi
bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
Teks bacaan
|
o Membaca bacaan yang
terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o Menghitung kecepatan
membaca
o Menjawab pertanyaan
yang berhubungan dengan bacaan
o Menentukan pokok-pokok
bacaan
o Merangkai pokok-pokok
bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan
|
o Mampu membaca cepat 200
kata per menit
o Mampu menjawab dengan
benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
o Mampu menyimpulkan isi
bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
· Buka dan bacalahlah
teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah
tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
· Jawablah beberapa
pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...
· Tuliskan pokok-pokok
bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan
itu!
|
2 x 40’
|
Stopwatch,
Buku teks, Teks
bacaan
|
·
Kritis
·
Cermat
·
Bertanggung
jawab
·
kreatif
|
3.3
Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat
|
Teks perangkat upacara
|
o Mengidentifikasi
berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati
teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan
tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan
teks perangkat upacara
o Membacakan teks
perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat
|
· Mampu mengidentifikasi
berbagai teks perangkat upacara
·
Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera
dengan intonasi yang tepat
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
·
Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang
terdapat di sekolahmu!
·
Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat!
|
4 X 40’
|
Perangkat upacara bendera
Buku teks
|
Disiplin
Percaya diri
Santun
Malu berbuat salah
bersemangat
|
Standar Kompetensi 4 : Menulis
Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1 Menulis buku harian atau
pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang ekspresif
|
Catatan harian/
pengalaman pribadi
|
o Mengamati dan
mencermati contoh buku harian
o Mendiskusikan
unsur-unsur yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok
pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan
pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif
dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam
buku harian.
|
· Mampu menuliskan
pokok-pokok pengalaman pribadi yang
terjadi dalam suatu hari!
· Mampu secara rutin
menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
Tes
Penugasan
|
Tes uraian
Tugas proyek
|
· Tulislah pokok-pokok
pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
· Tuliskanlah pengalaman
pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa
yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku
harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
|
4 X 40’
|
Pengalaman pribadi
siswa
Lingkungan
Buku teks
|
·
Cermat
·
Kreatif
·
Bekerjasama
·
Produktif
|
4.2 Menulis surat pribadi
dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
Surat pribadi
|
o Mengamati dan
mencerrmati beberapa surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk
menentukan komposisi surat pribadi
o Menentukan topik surat
pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya)
o Menulis surat pribadi
dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Memasukkan surat dalam
amplop, mengelim, memberi perangko, dan mengeposkannya
|
· Mampu menentukan
perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Mampu menulis surat
pribadi dengan bahasa yang komunikatif
· Mampu menyunting surat
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
· Tunjukkan perbedaan
komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Tulislah surat pribadi
kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya,
ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah
bahasa yang komunikatif.
· Perbaikilah bahasa surat
pribadi yang ditulis oleh teman Anda dari aspek struktur dan ejaannya!
|
4 X 40’
|
Berbagai surat pribadi
dan surat resmi
|
·
Cermat
·
Teliti
·
Kreatif
·
Santun
·
Kritis
|
3. Menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
Teks Pengumuman
|
o Mengamati dan
mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk
menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman
dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks
pengumuman
o memajang pengumuman di
papan pamer kelas/sekolah
|
· Mampu menentukan
pokok-pokok pengumuman
· Mampu menulis teks
pengumuman dengan bahasa yang efektif
· Mampu menyunting teks
pengumuman
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik produk
|
· Buatlah teks
pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih
dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman! Kemudian suntinglah teks pengumuman
yang sudah kamu susun!
|
4X40’
|
Selebaran
Peng-umuman
Buku
Teks
|
·
Cermat
·
Teliti
·
Bekerjasama
·
Kreatif
·
Kritis
·
Percaya
diri
·
Bertanggung
jawab
|
Standar Kompetensi
5 : Mendengarkan
Mengapresiasi dongeng yang
diperdengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1 Menemukan hal-hal
menarik dari dongeng yang diperdengar kan
|
Dongeng
|
o Mendengarkan penyajian
dongeng
o Bertanya jawab untuk
menemukan ide-ide yang menarik dari
dongeng
o Merangkai ide-ide
menarik menjadi hal-hal menarik dari
dongeng
|
·
Mampu menemukan ide-ide
menarik dalam dongeng
·
Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
· Identifikasilah ide-ide
menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
· Rangkaikanlah ide-ide
menarik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi hal-hal menarik dari dongeng!
|
2X40’
|
Tape Rec./kaset yang berisi dongeng,
Buku teks
|
·
cermat
·
Kreatif
·
Inovatif
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan
dengan situasi sekarang
|
Relevansi isi dongeng
|
o Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan
pokok-pokok isi dongeng
o Menunjukkan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang
|
·
Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·
Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
· Tuliskanlah pokok-pokok
isi dongeng yang disajikan secara
lisan ini!
· Bagaimanakah relevansi
isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi dewasa ini?
|
2 X 40’
|
Tape Rec./kaset
yang berisi dongeng,
Buku teks
|
·
Cermat
·
Bekerja sama
·
Kritis
·
Kreatif
|
Standar Kompetensi
6 : Berbicara
Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1 Bercerita dengan
urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Teks cerita
|
o Menentukan cerita yang
menarik berdasarkan persediaan buku di
perpustakaan.
o Membaca cerita
yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk
menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok
cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan
yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan
cerita yang baik dan menarik
·
Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
· Tentukan pokok-pokok
cerita yang terdapat di dalam cerita ini!
·
Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan
cerita!
·
Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat!
|
4 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku yang berisi teks
cerita
Buku teks
|
·
Cermat
·
Bekerja sama
·
Kritis
·
Percaya diri
|
6.2 Bercerita dengan
alat peraga
|
Teks cerita
|
o Menentukan cerita lain
yang menarik berdasarkan persediaan buku di
perpustakaan.
o Membaca cerita
yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk
menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok
cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Menyiapkan alat peraga
untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita
dengan alat peraga
o Bercerita dengan alat
peraga
|
· Mampu menentukan
pokok-pokok cerita
· Mampu merangkai
pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
· Mampu bercerita dengan
menggunakan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita
|
Tes lisan
|
Tes unjuk kerja
|
· Tentukan pokok-pokok
cerita yang terdapat di dalam
cerita ini!
·
Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan
cerita!
·
Berceritalah dengan dukungan alat peraga!
|
4X 40’
|
Alat peraga
Buku teks
|
·
Kreatif
·
Bekerja sama
·
Berinisiatif
·
Percaya diri
|
Standar Kompetensi 7 : Membaca
Memahami isi berbagai teks
bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
7.1 Menceritakan
kembali cerita anak yang dibaca
|
Teks cerita anak
|
o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi
urutan cerita
o Menceritakan kembali
cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·
Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri
secara lisan dan tulis.
|
Penugasan
Tes unjuk kerja
|
Tugas rumah
Uji petik kerja produk
|
· Tentukan pokok-pokok
cerita anak yang kamu baca!
· Rangkailah pokok-pokok
cerita itu menjadi urutan cerita!
· Ceritakanlah secara
tertulis dan/atau lisan dengan bahasamu sendiri cerita anak yang sudah kamu
baca!
|
4 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
|
·
Teliti
·
Bekerja sama
·
Kreatif
·
Percaya diri
|
7.2 Mengomentari buku
cerita yang dibaca
|
Teks cerita
|
o Membaca cerita anak
o Menandai hal-hal yang
akan dikomentari
o Berdiskusi untuk
menentukan bagian/unsur yang perlu
dikomentari dari buku cerita
o Mengomentari buku
cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
·
Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan
dikomentari
·
Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan
bahasa yang santun
|
Penugasan
|
Tugas rumah
|
·
Tentukanlah
bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomentari
·
Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru
saja kamu baca? Kemukakan hal itu
dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!
|
2 X 40’
|
Perpus-takaan
Buku teks
|
·
Teliti
·
Bekerja sama
·
Percaya diri
·
Kreatif
·
Santun
|
Standar Kompetensi 8 : Menulis
Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan
dongeng
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
8.1 Menulis pantun
yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
Teks pantun
|
o
Membaca
contoh-contoh pantun
o
Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis pantun yang
memenuhi syarat-syarat pantun
o Menyunting pantun
sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
·
Mampu menentukan syarat-syarat pantun
·
Mampu menulis pantun
·
Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Portofolio
|
Tes pilihan ganda
Uji petik kerja produk
Dokumen pantun
(draf 1) dan pantun yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri,
masukan teman dan/atau guru
|
· Salah satu syarat
pantun adalah:
A. bersajak akhir abab
B. bersajak akhrir aaaa
C. bersajak aabcd
D. bersajak akhir ab
· Buatlah sebuah pantun
yang terkait dengan masalah moral/pendidikan! Suntinglah pantun yang sudah
kamu buat!
|
4 X 40”
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
Berbagai jenis pantun
|
·
Teliti
·
Bekerja sama
·
Kreatif
·
Kritis
|
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng
yang pernah dibaca atau didengar
|
Teks bacaan dongeng/rekaman dongeng
|
o Membaca/mendengarkan
dongeng
o Berdiskusi untuk
menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o Menulis kembali dongeng
berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
· Mampu menulis dongeng
berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
·
Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!
·
Tuliskanlah dengan bahasamu sendiri dongeng yang baru
kamu baca/dengar!
|
|
Perpusta-
kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks
|
·
Cermat
·
Bekerja sama
·
kreatif
|
Mengetahui Karanganyar,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Heri Pramono, S. Pd. Beni Purna Indarta, S. Pd.
NBM 1014 817
Silabus
Sekolah : SMP Muhammadiyah 1 Karanganyar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII/2
Standar Kompetensi 9 : Mendengarkan
Memahami wacana lisan
dalam kegiatan wawancara
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara
|
Pikiran, pendapat, dan gagasan dalam wawancara
|
o Mendengarkan wawancara
narasumber atau rekaman wawancara
·
Mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber
o Mendiskusikan ketepatan
data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o Menyimpulkan pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam
wawancara
o Menyimpulkan isi
informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
|
·
Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber
·
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
·
Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari
wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
·
Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber dalam wawancara yang kamu
dengarkan
·
Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!
·
Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang
kamu dengarkan!
|
2 X 40”
|
Rekaman wawancara dari televisi/radio
Narasumber
|
·
cermat
·
bekerja sama
·
kritis
·
kreatif
|
9.2.Menuliskan dengan
singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Hal-hal penting/ isi wawancara
|
·
Mendengarkan wawancara
·
Tanya jawab hal-hal penting dari narasumber yang
diwawancarai
·
Menuliskan hal-hal
penting dari wawancara yang didengarkan dengan bahasa yang
komunikatif
|
·
Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang
diwawancarai
·
Mampu menuliskan hal-hal penting dari suatu wawancara dengan
bahasa yang komunikatif
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes uraian
Tes uraian
|
·
Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu dengarkan!
·
Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawancara
yang kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara dari televisi/radio
Narasumber
|
·
Cermat
·
Percaya diri
·
Santun
·
Kritis
|
Standar Kompetensi 10
: Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.1. Mencerita-kan
tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
|
Cerita tokoh idola
|
o Membaca artikel tentang
tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang
berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan
tokoh dengan alasan yang argumentatif
o Berlatih menceritakan
tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang
bahasa yang digunakan oleh model
o Menceritakan tokoh
dengan berpedoman kelengkapan identitas tokoh
|
· Mampu mengemukakan identitas tokoh
·
Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang
tepat
·
Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan
identitas tokoh
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Ceritakan tokoh idola dengan
mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai!
|
6 X 40’
|
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
|
·
Teliti
·
Santun
·
Percaya diri
|
10.2. Bertelepon dengan
kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Teks pembicaraan telepon yang tidak tepat
Etika bertelepon
|
o Mencermati model-model
bertelepon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o mendata
kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan
pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o
Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks
|
o Mampu mendiskusikan
tata cara bertelepon
o Mampu mendata
kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o
Mampu bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan
konteks
|
Tes unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks!
|
4 X 40”
|
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
|
·
Cermat
·
Bekerja sama
·
Santun
·
Reflektif
·
Percaya diri
|
Standar Kompetensi 11
: Membaca
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca
memindai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
11.1 Mengung-kapkan
hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
|
Biografi/riwayat
hidup tokoh
|
o Memilih buku biografi
yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi
o Menulis biodata tokoh
dan keistimewaan tokoh dengan alasan yang logis
o Menyimpulkan hal-hal
yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
|
·
Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh
·
Mampu menyimpulkan keistimewaan tokoh
·
Mampu mencatat hal-hal yang dapat diteladani
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
· Bacalah sebuah buku
biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup
tokoh.
keistimewaan tokoh, hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh!
|
4X 40”
|
Buku biografi
|
·
Teliti
·
Ingin tahu
·
Kreatif
·
Bertanggung jawab
|
11.2 Menemukan gagasan
utama dalam teks
|
Gagasan utama/ide pokok teks/paragraf
|
o Membaca teks
o Mendiskusikan gagasan utama /ide pokok suatu paragraf
dalam teks bacaan
o Tanya jawab letak
kalimat utama/ dalam paragraf pada teks
|
·
Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam
setiap paragraf pada suatu teks bacaan
·
Mampu menunjukkan letak kalimat utama dalam suatu paragraf
pada teks bacaan
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
· Tunjukkan gagasan utama
yang terdapat dalam paragraf!
· Tunjukkan letak kalimat
utama yang terdapat di dalam teks!
|
2 X 40”
|
Teks bacaan
|
·
Cermat
·
Kritis
·
Berfikir logis
|
3. Menemukan informasi
secara cepat dari tabel/diagram
|
Isi tabel/diag-ram
|
o Mengkliping satu tabel
dan satu diagram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram
o Mendiskusikan
bagian-bagian tabel/ diagram
o Menyimpulkan isi
tabel/diagram
o Menyampaikan pertanyaan
yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram
o Mengubah tabel/diagram
dalam betuk narasi tertulis
o Menyunting narasi
tertulis teman
|
·
Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram
·
Mampu menemukan makna/isi tabel/diagram
·
Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi
|
Penugasan
|
Tugas rumah
|
Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian narasikan tabel/diagram tersebut
sesuai dengan isinya!
|
2 X 40”
|
Buku teks, media cetak yang di dalamnya terdapat tabel atau diagram
|
·
Cermat
·
Kreatif
·
Kritis
|
Standar Kompetensi 12
: Menulis
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi
|
Cara mengubah teks wawancara ke
bentuk narasi
|
o Mengkliping teks
wawancara
o Tanya jawab mengubah
kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung
o Tanya jawab cara
penulisan kalimat langsung menjadi tidak langsung
o Menarasikan teks
wawancara dalam beberapa paragraf
o Menyunting teks narasi
berdasarkan hasl wawancara tulisan sendiri dan teman
|
·
Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi
kalimat tidak langsung
·
Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi
·
Mampu menyunting narasi sendiri atau teman
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Ubahlah kalimat
langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
§ Narasikan teks wawancara!
§ Suntinglah tulisan
narasimu!
|
2 X 40”
|
Media cetak.
|
·
Kreatif dan inovatif
·
Bertanggung jawab
·
Percaya diri
|
12.2 Menulis pesan
singkat sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa
yang santun
|
Cara menulis pesan singkat
|
o Membaca contoh pesan
singkat
o Tanya jawab tentang
kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o Tanya jawab tentang
pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o Menulis pokok-pokok
pesan yang akan
o Menulis pesan singkat
sesuai dengan konteks
|
·
Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
·
Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah pokok-pokok
pesan!
§
§ Tulislah pesan singkat
sesuai dengan pokok-pokok pesan!
|
2 X 40”
|
Teks bacaan yang berikan berbagai pesan
|
·
Teliti
·
Ingin tahu
·
Kreatif
|
Standar Kompetensi 13
: Mendengarkan sastra
Memahami pembacaan puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
1. Menanggapi cara
pembacaan puisi
|
Cara pembacaan puisi/cara berdeklamasi
|
o Mencermati model pembaca puisi
o Mendiskusikan cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi pembaca puisi
o Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan
maupun kekurangan dalam pembacaan puisi
|
·
Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi,
ekspresi pembaca puisi
·
Mampu memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan
puisi yang didengar/disaksikan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Berilah tanggapan atas
pembacaan puisi yang kamu dengavrkan!
|
2 X 40”
|
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
|
·
Percaya diri
·
reflektif
·
Berfikir logis
|
||
2. Merefleksi isi puisi
yang dibacakan
|
Isi puisi
|
o Mendengarkan pembacaan
puisi, kemudian
o mendiskusikan gambaran
pengindraan, perasaan, dan pendapat
dalam puisi
o Mendiskusikan nada,
suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi
o Menyimpulkan
pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o Menulis persamaan dan
perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
|
·
Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan,
perasaan, dan pendapat
·
Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi
·
Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan
nyata siswa
|
Tes tulis
Tes uraian
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Tuliskan gambaran
penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang
dibacakan!
§ Tulis pesan-pesan yang
terdapat di dalam puisi yang dibacakan!
§ Deskripsikan persamaan
dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
|
2 X 40”
|
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
|
·
Cermat
·
Analitis
·
Kreatif
|
||
Standar Kompetensi 14
: Berbicara sastra
Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan
cerita pendek (cerpen)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
14.1 Menanggapi cara
pembacaan cerpen
|
Pembacaan cerita pendek (cerpen)
|
o Mendengarkan pembacaan
cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Mendiskusikan cara pembacaan
cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen
o Menggungkapkan lafal,
intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o
Menanggapi cara pembacaan cerpen dikaitkan dengan suasana dalam
cerpen, isi, dan pesan,
|
·
Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang
didengarkan
·
Mampu mengungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi
pembaca cerpen
·
Mampu menanggapi cara pembacaan cerpen
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
§ Sebutkan isi, pesan,
dan suasana cerpen yang kamu
dengarkan!
§ Bagaimaanakah lafal,
intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cerpen yang kamu saksikan?
§ Bagaimanakah cara
pembacaan cerpen yang kamu lihat bila
dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ?
|
2 X 40”
|
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
|
·
Cermat
·
Ingin tahu
·
Berani berpendapat
·
Percaya diri
|
14..2 Menjelaskan hubungan
latar suatu cerpen dengan realitas
sosial
|
Hubungan latar cerpen dengan realitas kehidupan sosial
|
o Mendengarkan pembacaan
cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o
Berdiskusi
untuk mendata latar cerpen
o Mengaitkan latar cerpen
dengan realitas sosial masa kini
|
·
Mampu mendata latar cerpen
·
Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial
masa kini
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
§ Bagaimanakah latar yang
terdapat di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
§ Bagaimanakah
keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam ccerpen yang kamu dengarkan dengan realitas kehidupan
masa kini?
|
2 X 40”
|
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
|
·
Cermat
·
Kreatif
·
Analitis
|
Standar Kompetensi 15 : Membaca sastra
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
15.1 Membaca indah
puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai
denga isi puisi
|
Pembacaan indah
teks puisi
|
o Mengamati model
pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi, irama, volume suara, mimik, dan kinestik
pembaca puisi
o Menandai penjedaan
pembacaan puisi lain
o Berlatih membaca puisi
o Membaca indah puisi
dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi
puisi
|
·
Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
·
Mampu membaca indah puisi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Puisi yang akan dibaca
sudah ditandai penjedaannya: ya/tidak
§ Irama pembacaan:
baik/cukup/kurang
§ Volume suara:
baik/cukup/kurang
§ ...
|
2 X 40”
|
Teks puisi
Buku referensi
Buku teks
|
·
Cermat
·
Berani berpendapat
·
Percaya diri
·
Cinta keindahan
|
15.2 Menemukan realitas
kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun
terjemahan
|
Realitas kehidupan di dalam cerita anak
|
o
Membaca buku cerita anak
o
Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan
kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o
Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam
buku cerita anak.
|
·
Mampu menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam
buku cerita anak
·
Mampu menemukan
realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
§ Identifikasilah perilaku atau kebiasaan yang terdapat di
dalam cerita anak yang kamu baca!
§ Tuliskan realitas
kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca!
|
2 X 40”
|
Buku cerita anak
Buku teks
|
·
Cermat
·
Analitis
|
Standar Kompetensi 16 :
Menulis sastra
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis
kreatif puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pend. Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan
alam
|
Penulisan puisi
|
o Mengamati lingkungan
atau gambar-gambar keindahan alam
o Mengidentifikasi
keindahan alam dalam larik-larik puisi
o Mengamati model
larik-lari puisi tentang keindahan alam
o Mendiskusikan pilihan
kata dan rima dalam model
o Menentukan topik puisi
yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam
o Menulis larik-larik
puisi
o Menulis puisi dengan
pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi karya
sendiri
|
·
Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan
alam
·
Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan
rima yang menarik
·
Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
|
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf
1) dan puisi yang sudah diperbaiki berdasarkan
suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru
|
§ Tulislah puisi tentang
keindahan alam dengan pilihan kata
yang tepat dan rima yang menarik!
§ Suntinglah puisi yang
kamu tulis!
|
2 X 40”
|
Lingkungan Gambar alam
Buku teks
|
·
Cinta keindahan
·
Analitis
·
Kreatif
|
16.2 Menulis kreatif
puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
|
Penulisan puisi
|
o Mengidentifikasi
peristiwa yang pernah dialami
o Memilih salah satu
peristiwa yang dialami untuk dijadikan
puisi
o Menulis larik-larik
puisi
o menulis puisi dengan
pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi yang
ditulis sendiri
|
·
Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang
pernah dialami
·
Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan
rima yang menarik
·
Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
|
Uji petik kerja produk
Dokumen puisi (draf
1) dan puisi yang sudah diperbaiki
berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru
|
§ Tulislah puisi tentang
peristiwa yang pernah kamu alami dengan
pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!
§ Suntinglah puisi
tentang suatu peristiwa yang Anda tulis!
|
2 X 40”
|
Peristiwa yang dialami
Buku teks
|
·
Analitis
·
Kreatif dan inovatif
|
Mengetahui Karanganyar,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Heri Pramono, S. Pd. Beni Purna Indarta, S. Pd.
NBM 1014 817
No comments:
Post a Comment