Ads

Thursday, July 12, 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP



Silabus


Sekolah                                        : SMP Muhammadiyah 1 Karanganyar
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                           : VII/1

Standar Kompetensi                   1 :  Mendengarkan
      Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat




Rekaman berita
o Mendengarkan berita
o Menuliskan pokok-pokok berita
o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
·   Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Mampu menyarikan  pokok-pokok  berita menjadi isi berita
·   Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.



Tes tulis



Tes uraian 
·  Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini!
·  Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya!
·  Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
TV/Radio
Tape Rec
Teks Berita

4 X 40’
·       Cermat
·       Ingin tahu
·       Kritis
·       kreatif
1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Teks berita
o Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi
o Mendiskusikan pokok-pokok berita
o Menuliskan berita ke dalam beberapa kalimat

·   Mampu menemukan pokok-pokok berita yang disampaikan melalui radio/televisi
·   Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
Tes tulis
Tugas rumah
·   Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!
·   Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat kemudian laporkan hasilnya secara lisan di kelas!
 Siaran berita  radio

4 X 40’
·         Kritis
·         Berfikir logis
·         Kerja sama
·         Kreatif
·         Santun


Standar Kompetensi     2      : Berbicara
                                                  Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Teks cerita yang menge­sankan
o Mendengarkan cerita dari nara sumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri
o Bertanya jawab mengenai  cerita yang mengesankan
o Menulis daftar pengalaman yang mengesankan.
o Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai peng­alaman yang telah didaftar.
o Menyusun pokok-pokok cerita men­jadi rangkaian cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·   Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang me­nge­sankan
·   Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya ja­wab
·   Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Identifikasilah  pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pan­dang paling mengesankan!
·   Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif!
·   Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan!


4X40’
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
·         Berfikir logis
·         Cermat
·         Kreatif
·         Santun
·         Percaya diri
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Teks pengu­muman
o Membaca dan mencermati  teks pengumuman
o Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan
o Mendiskusikan pokok-pokok pengu­mum­an
o Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

·   Mampu menentukan  pokok-pokok pengumuman
·   Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
·   Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana!
4 x 40’
Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
·       Cermat
·       Keatif
·       Santun
·                 Bertanggung jawab


Standar Kompetensi   3        : Membaca
                                                  Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Makna kata
o Membaca teks nonsastra
o Bertanya jawab mengenai isi bacaan
o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
·   Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
Lembar observasi
·   Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·   Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak


4 X 40’
Kamus istilah  Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia
Buku Teks
Bacaan nonsastra
·         Cermat
·         Santun
·         Percaya diri
·         Kerja sama
·         kreatif

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Teks bacaan
o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o Menghitung kecepatan membaca
o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o Menentukan pokok-pokok bacaan
o Merangkai pokok-pokok bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan
o Mampu membaca cepat 200 kata per menit
o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
o Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

·  Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·  Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...

·  Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
2 x 40’
Stopwatch,
Buku teks, Teks bacaan
·         Kritis
·         Cermat
·         Bertanggung jawab
·         kreatif
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Teks perangkat upacara
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat
·   Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
·   Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat
Tes tulis




Tes unjuk kerja


Tes uraian




Uji petik kerja produk
·  Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu!


·  Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!
4 X 40’
Perangkat  upacara ben­dera
Buku teks
Disiplin
Percaya diri
Santun
Malu berbuat salah
bersemangat


Standar Kompetensi   4  : Menulis
        Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang ekspresif

Catatan hari­an/ pengalaman pribadi
o Mengamati dan mencermati contoh buku harian
o Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.

·   Mampu menuliskan pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!


·   Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes




Penugasan

 Tes uraian




Tugas proyek
·   Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!


·   Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
4 X 40’
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
·         Cermat
·         Kreatif
·         Bekerjasama
·         Produktif
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

Surat pribadi
o Mengamati dan mencerrmati beberapa surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Memasukkan surat dalam amplop, mengelim, memberi perangko, dan mengeposkannya

·   Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·   Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
·   Mampu menyunting surat


Tes unjuk kerja


Uji petik kerja

·   Tunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

·   Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
·   Perbaikilah bahasa surat pribadi yang ditulis oleh teman Anda dari aspek struktur dan ejaannya!
4 X 40’
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
·         Cermat
·         Teliti
·         Kreatif
·         Santun
·         Kritis

3. Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

Teks Pengumuman
o Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman dengan dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks pengumuman
o memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah

·   Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·   Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
·   Mampu menyunting teks pengumuman

Tes unjuk kerja
Uji petik produk
·  Buat­lah teks pengumuman sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolahmu dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok pengumuman! Kemudian suntinglah teks pengumuman yang sudah kamu susun!
4X40’
Selebar­an Peng-umuman
Buku Teks
·         Cermat
·         Teliti
·         Bekerjasama
·         Kreatif
·         Kritis
·         Percaya diri
·         Bertanggung jawab

Standar Kompetensi  5  : Mendengarkan
                                           Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemukan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
 Dongeng
o Mendengarkan penyajian dongeng
o Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
·   Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng

·   Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Tes uraian



·  Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
2X40’
Tape Rec./kaset yang berisi dongeng,
Buku teks
·         cermat
·         Kreatif
·         Inovatif

5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Relevansi isi dongeng
o Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan pokok-pokok isi  dongeng
o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

·   Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·   Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes tulis



Tes urai­an
·  Tuliskanlah pokok-pokok isi  dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi dewasa ini?
2 X 40’
Tape Rec./kaset yang berisi dongeng,
Buku teks
·         Cermat
·         Bekerja sama
·         Kritis
·         Kreatif


Standar Kompetensi  6  :  Berbicara
                                            Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

Teks cerita
o Menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o Membaca cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·   Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


Tes lisan

Tes unjuk kerja

Tes urai­an

Uji petik kerja produk



·  Tentukan pokok-pokok cerita yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 
4 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku yang berisi teks cerita
Buku teks
·         Cermat
·         Bekerja sama
·         Kritis
·         Percaya diri

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Teks cerita
o Menentukan cerita lain yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o Membaca cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o  Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita dengan alat peraga
o Bercerita dengan alat peraga
·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
·   Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita
Tes lisan

Tes unjuk kerja



·  Tentukan pokok-pokok cerita  yang ter­da­­pat di dalam cerita ini!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan dukungan alat peraga!    
4X 40’
Alat peraga
Buku teks

·         Kreatif
·         Bekerja sama
·         Berinisiatif
·         Percaya diri



Standar Kompetensi    7   : Membaca  
          Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

Teks cerita anak
o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis


·   Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·   Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·   Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.


Penugasan


Tes unjuk kerja
Tugas rumah


Uji petik kerja produk

·  Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·  Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·  Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de­ngan bahasamu sendiri cerita anak yang sudah kamu baca!

4 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku teks
·         Teliti
·         Bekerja sama
·         Kreatif
·         Percaya diri
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Teks cerita
o Membaca cerita anak
o Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
o Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun


·   Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·   Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Penugasan



Tugas rumah



·   Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen­tari

·   Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca?  Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

2 X 40’
Perpus-takaan
Buku teks 
·         Teliti
·         Bekerja sama
·         Percaya diri
·         Kreatif
·         Santun


Standar Kompetensi   8   :  Menulis
          Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

Teks  pantun
o Membaca contoh-contoh pantun
o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis pantun yang memenuhi  syarat-syarat pantun
o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

·   Mampu menentukan syarat-syarat pantun
·   Mampu menulis pantun
·   Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

Tes tulis




Tes unjuk kerja



Portofolio
Tes pilih­an ganda



Uji petik kerja produk


Dokumen pantun (draf 1) dan pantun yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru

·  Salah satu syarat pantun adalah:
A. bersajak akhir abab
B. bersajak akhrir aaaa
C. bersajak aabcd
D. bersajak akhir ab
·   Buatlah sebuah pantun yang terkait dengan masalah moral/pen­didik­an! Suntinglah pantun yang sudah kamu buat!
4 X 40”
Perpusta-
   kaan
Buku teks
Ber­bagai jenis pan­tun
·         Teliti
·         Bekerja sama
·         Kreatif
·         Kritis
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Teks bacaan dongeng/rekaman dongeng
o Membaca/mendengarkan dongeng
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o Menulis kembali dongeng berda­sar­kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan
·   Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·   Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes urai­an



Uji petik kerja produk
·  Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


·  Tuliskanlah de­ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!


Perpusta-
   kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks

·         Cermat
·         Bekerja sama
·         kreatif


Mengetahui                                                                                                                             Karanganyar,  
Kepala Sekolah,                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran                                                                          
                                                                                         
                 
     
Heri Pramono, S. Pd.                                                                                                            Beni Purna Indarta, S. Pd.
                                    NBM 1014 817                                                                                                                                  

Silabus


Sekolah                         : SMP Muhammadiyah 1 Karanganyar
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester            : VII/2

Standar Kompetensi     9  :  Mendengarkan
         Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara


Pikiran, penda­pat, dan gagas­an dalam wa­wan­cara
o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
·   Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber
o Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
o Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat

·   Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

·   Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber
·   Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe­rapa kalimat singkat

Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis
 Tes uraian



Tes uraian


Tes uraian
·   Datalah berbagai pikiran, penda­pat, dan gagasan narasumber  dalam wawancara yang kamu de­ngar­kan
·   Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!

·   Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan!
2 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
·         cermat
·         bekerja sama
·         kritis
·         kreatif
9.2.Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara

Hal-hal penting/ isi wawancara
·   Mendengarkan wawancara
·   Tanya jawab hal-hal penting dari nara­sumber yang diwawancarai
·   Menuliskan hal-hal  penting dari wa­wancara yang didengarkan de­ngan bahasa yang komunikatif
·   Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan­carai
·   Mampu menuliskan hal-hal  pen­ting dari suatu wawancara de­ngan bahasa yang komunikatif
Tes tulis


Tes lisan
 Tes uraian


Tes uraian
·   Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber  dari wawancara yang kamu de­ngar­kan!
·   Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawan­cara yang kamu dengarkan!
4 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
·         Cermat
·         Percaya diri
·         Santun
·         Kritis

Standar Kompetensi      10   :  Berbicara
                Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1. Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

Cerita tokoh idola
o Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan tokoh de­ngan alasan yang argu­men­tatif
o Berlatih menceritakan tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang bahasa yang digunakan oleh model
o Menceritakan tokoh dengan berpe­doman kelengkapan identitas tokoh

·   Mampu mengemukakan identitas tokoh
·   Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
·   Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh

Observasi
Lembar observasi


Ceritakan tokoh idola de­ngan menge­mukakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai!

6 X 40’
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
·         Teliti
·         Santun
·         Percaya diri
10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

Teks pembicaraan telepon yang tidak tepat
Etika bertelepon
o Mencermati model-model bertele­pon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks

o Mampu mendiskusikan tata cara bertelepon
o Mampu mendata kesalahan-kesa­lahan kalimat dalam bertelepon
o Mampu bertelepon dengan ber­bagai mitra bicara sesuai dengan konteks

Tes unjuk kerja
Tes simu­lasi
Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks!
4 X 40”
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
·         Cermat
·         Bekerja sama
·         Santun
·         Reflektif
·         Percaya diri


Standar Kompetensi    11    :  Membaca
   Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif

Biografi/riwayat hidup tokoh
o Memilih buku biografi yang disukai, kemudian membaca salah satu buku biografi
o Menulis biodata tokoh dan keistime­waan tokoh dengan alasan yang logis
o Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
·   Mampu menyarikan riwayat hidup tokoh
·   Mampu menyimpulkan keistime­waan tokoh
·   Mampu mencatat hal-hal yang dapat diteladani


Penugasan
Tugas proyek
·   Bacalah sebuah buku biografi kemudian buatlah laporan yang berisi inti sari riwayat hidup tokoh. 
   keistimewaan to­koh, hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh!
4X 40”
Buku biografi
·         Teliti
·         Ingin tahu
·         Kreatif
·         Bertanggung jawab
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks


Gagasan uta­ma/ide pokok teks/paragraf
o Membaca teks
o Mendiskusikan  gagasan utama /ide pokok suatu paragraf dalam teks bacaan
o Tanya jawab letak kalimat utama/ dalam paragraf pada teks

·   Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan
·   Mampu menunjukkan letak kali­mat utama dalam suatu pa­ragraf pada teks bacaan

Tes tulis



Tes tulis

Tes uraian



Tes uraian
·  Tunjukkan gagasan utama yang terdapat dalam paragraf!


·   Tunjukkan letak kalimat utama yang terdapat di dalam teks!
2 X 40”
Teks bacaan
·         Cermat
·         Kritis
·         Berfikir logis
3. Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram


Isi tabel/diag-ram
o Mengkliping satu tabel dan satu dia­gram dari media cetak, kemudian mengamati tabel/diagram
o Mendiskusikan bagian-bagian tabel/ diagram
o Menyimpulkan isi tabel/diagram
o Menyampaikan pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang ada dalam tabel/diagram
o Mengubah tabel/diagram dalam betuk narasi tertulis
o Menyunting narasi tertulis teman
·   Mampu mengenali bagian-bagian tabel/diagram
·   Mampu menemukan makna/isi ta­bel/diagram
·   Mampu mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi

Penugasan
Tugas ru­mah

Klipinglah sebuah tabel/diagram kemudian narasikan tabel/diagram tersebut sesuai dengan isinya!
2 X 40”
Buku teks, media cetak yang di da­lamnya terda­pat tabel atau diagram
·         Cermat
·         Kreatif
·         Kritis


Standar Kompetensi     12   :  Menulis
   Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi

Cara mengu­bah  teks wawan­ca­ra ke bentuk na­rasi
o Mengkliping teks wawancara
o Tanya jawab mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi ka­limat tidak langsung
o Tanya jawab cara penulisan kali­mat langsung menjadi tidak lang­sung
o Menarasikan teks wawancara dalam beberapa paragraf
o Menyunting teks narasi berdasarkan hasl wawancara tulisan sendiri dan  teman
·   Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
·   Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi
·   Mampu menyunting narasi sendiri atau teman

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian


Tes uraian

Tes uraian
§ Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
§ Narasikan  teks wawancara!

§ Suntinglah tulisan narasimu!
2 X 40”
Media cetak.

·         Kreatif dan inovatif
·         Bertanggung jawab
·         Percaya diri

12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun

Cara menulis­ pesan sing­kat
o    Membaca contoh pesan singkat
o    Tanya jawab tentang kalimat-kalimat yang khas dalam pesan singkat
o    Tanya jawab tentang pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
o    Menulis pokok-pokok pesan yang akan
o    Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

·   Mampu menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
·   Mampu menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§ Tulislah pokok-pokok pesan!
§  
§ Tulislah pesan singkat sesuai dengan pokok-pokok pesan!
2 X 40”
Teks bacaan yang berikan berbagai pe­san
·         Teliti
·         Ingin tahu
·         Kreatif


Standar Kompetensi       13   :   Mendengarkan sastra
               Memahami pembacaan puisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter

Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1. Menanggapi cara pemba­caan puisi

Cara pemba­caan puisi/cara berdeklamasi
o    Mencermati model pemba­ca  puisi
o    Mendiskusikan  cara pelafalan, intonasi, dan ekspresi  pembaca puisi
o     Menanggapi dengan cara memberi komentar atas keindahan maupun kekurangan dalam pembacaan puisi
·   Mampu mengemukakan cara pelafalan, intonasi, ekspresi  pem­baca puisi
·   Mampu memberi tanggapan de­ngan alasan yang logis pemba­ca­an puisi yang didengar/disaksikan

Observasi
Lembar observasi
§ Berilah tanggapan atas pembacaan puisi yang kamu dengavrkan!
2 X 40”
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
·         Percaya diri
·         reflektif
·         Berfikir logis

2. Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

 Isi puisi
o Mendengarkan pembacaan puisi, kemudian
o mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat  dalam puisi
o Mendiskusikan nada, suasana, irama dan pilihan kata yang berkaitan dengan isi puisi
o Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat di dalam suatu puisi
o Menulis persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi

·   Mampu menangkap isi puisi seperti gambaran pengindraan, perasaan, dan pendapat

·   Mampu mengemukakan pesan- pesan puisi
·   Mampu mengaitkan kehidupan dalam puisi dengan kehidupan nyata siswa

Tes tulis



Tes uraian

Tes unjuk kerja


Tes uraian



Tes uraian

Uji petik kerja produk
§ Tuliskan gambaran penginderaan, perasaan, dan pendapat yang terdapat dalam puisi yang dibacakan!
§ Tulis pesan-pesan yang terda­pat di dalam puisi yang diba­ca­kan!
§ Deskripsikan persamaan dan perbedaan kehidupan pribadi siswa dengan kehidupan dalam puisi
2 X 40”
Model pembaca puisi
Rekaman pembacaan puisi
Buku referensi
·         Cermat
·         Analitis
·         Kreatif















Standar Kompetensi   14     : Berbicara sastra
  Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan  cerita pendek (cerpen)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
14.1 Menanggapi cara pemba­caan cerpen


Pemba­ca­an cerita pen­dek (cerpen)
o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Mendiskusikan cara pem­bacaan cerpen, isi, pesan, alur, tema, dan suasana cerpen
o Menggungkapkan lafal, intonasi, dan ekspresi pembaca cerpen
o Menanggapi cara pembacaan  cer­pen dikaitkan dengan suasana dalam cerpen, isi, dan pesan, 
·   Mampu menangkap isi, pesan, dan suasana cerpen yang dide­ngarkan
·   Mampu mengungkapkan lafal, in­tonasi, dan ekspresi pembaca cer­pen
·   Mampu menanggapi cara pem­ba­caan cerpen

Tes  lisan



Daftar pertanyaan


§ Sebutkan isi, pesan, dan suasana cerpen yang  kamu dengarkan!
§ Bagaimaanakah lafal, intonasi, dan ekspresi wajah pembaca cer­pen yang kamu saksikan?
§ Bagaimanakah ca­ra pembacaan cerpen yang kamu lihat  bila dikaitkan dengan suasana, isi, dan pesan cerpen ?
2 X 40”
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
·         Cermat
·         Ingin tahu
·         Berani berpendapat
·         Percaya diri
14..2 Menjelaskan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial


Hubungan latar cerpen dengan realitas kehi­dupan sosial
o Mendengarkan pembacaan cerpen yang dilakukan oleh narasumber (siswa)
o Berdiskusi untuk mendata latar cerpen
o Mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini


·   Mampu mendata latar cerpen
·   Mampu mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masa kini


Tes lisan



Daftar pertanyaan


§ Bagaimanakah latar yang terda­pat di dalam cerpen yang kamu dengarkan?
§ Bagaimanakah keterkaitan antara latar yang terdapat di dalam ccerpen yang  kamu dengarkan dengan realitas kehidupan masa kini?  
2 X 40”
Cerpen
Narasumber (siswa)
Buku referensi
Buku teks
·         Cermat
·         Kreatif
·         Analitis


Standar Kompetensi   15  :   Membaca sastra
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi

Pembacaan in­dah teks puisi
o Mengamati model pembacaan puisi, kemudian mendiskusikan isi puisi,  irama, volume suara, mimik, dan kinestik pembaca puisi
o Menandai penjedaan pembacaan puisi lain
o Berlatih membaca puisi
o Membaca indah puisi dengan meng­­gunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi

·   Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan
·   Mampu membaca indah puisi

Observasi
Lembar observasi
§ Puisi yang akan dibaca sudah ditandai penjedaannya: ya/tidak
§ Irama pembacaan: baik/cukup/kurang
§ Volume suara: baik/cukup/kurang
§ ...
2 X 40”
Teks puisi
Buku refe­ren­si
Buku teks
·         Cermat
·         Berani berpendapat
·         Percaya diri
·         Cinta keindahan
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an

Realitas kehi­dup­an di dalam cerita anak
o Membaca buku cerita anak
o Berdiskusi untuk mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
o Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.

·   Mampu menuliskan perilaku, ke­biasaan yang ada dalam buku ce­rita anak
·    Mampu menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak.
Tes tulis
Tes uraian
§ Identifikasilah  peril­a­ku atau kebiasaan yang terdapat di dalam cerita anak yang kamu baca!
§ Tuliskan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak yang kamu baca!
2 X 40”
Buku cerita anak
Buku teks
·         Cermat
·         Analitis



Standar Kompetensi    16   : Menulis sastra
            Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Pend. Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam


Penulisan puisi
o Mengamati lingkungan atau gambar-gambar keindahan alam
o Mengidentifikasi keindahan alam dalam larik-larik puisi
o Mengamati model larik-lari puisi tentang keindahan alam
o Mendiskusikan pilihan kata dan rima dalam model
o Menentukan topik puisi yang akan ditulis yang berkenaan dengan keindahan alam
o Menulis larik-larik puisi
o Menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi karya sendiri
·   Mampu menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam
·   Mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
·   Mampu menyunting puisi yang di­tulis  sendiri

Tes unjuk kerja






Portofolio
Uji petik kerja produk






Dokumen puisi (draf 1) dan puisi  yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru
§ Tulislah puisi tentang keindahan alam  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!



§ Suntinglah puisi yang kamu tulis!
2 X 40”
Lingkungan Gambar alam
Buku teks
·         Cinta keindahan
·         Analitis
·         Kreatif

16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

Penulisan puisi
o Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
o Memilih salah satu peristiwa yang dialami  untuk dijadikan puisi
o Menulis larik-larik puisi
o menulis puisi dengan pilih­an kata yang tepat dan rima yang menarik
o Menyunting puisi yang di­tulis sendiri
·   Mampu menulis larik-larik puisi tentang peristiwa yang pernah dialami
·   Mampu menulis puisi dengan pi­lihan kata yang tepat dan rima yang menarik
·   Mampu menyunting puisi yang ditulis sendiri
Tes  unjuk kerja



Portofolio
Uji petik kerja produk

Dokumen puisi (draf 1) dan puisi  yang sudah diperbaiki berdasarkan suntingan sendiri, masukan teman dan/atau guru 
§ Tulislah puisi tentang peristiwa yang pernah kamu alami  dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik!


§ Suntinglah puisi tentang suatu peristiwa yang Anda tulis!
2 X 40”
Peristiwa yang dialami
Buku teks
·         Analitis
·         Kreatif dan inovatif

Mengetahui                                                                                                                             Karanganyar,  
Kepala Sekolah,                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran                                                                          
                                                                                         
                 
     
Heri Pramono, S. Pd.                                                                                                            Beni Purna Indarta, S. Pd.
                                    NBM 1014 817                                                                                                                                  

No comments:

Post a Comment